EFEK
POTENSIAL PELATIHAN PMRI TERHADAP
GURU-GURU
MATEMATIKA DI PALEMBANG
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran efek potensial terhadap guru-guru
matematika di Palembang setelah mengikuti pelatihan PMRI, yang dilihat dari (1)
Apa reaksi dan kepuasan peserta terhadap pelatihan PMRI? (2) Apakah peserta
telah mengerti terhadap apa yang di pelajari selama pelatihan?
Populasi dan sampel
dari penelitian ini adalah: seluruh peserta pelatihan PMRI yang terdiri dari
100 orang guru dari 15 SD dan 2 MIN di Sumatera Selatan. Alat pengumpul data
adalah Angket terbuka dan tertutup untuk mengukur reaksi dan kepuasan peserta
pelatihan PMRI, tes untuk mengukur kemampuan kognitif peserta, serta simulasi
di depan kelas. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dari hasil angket
terbuka dan tertutup yang dibagikan kepada peserta sebanyak 100 eksemplar
sebagai sampel dapat diketahui 100% program pelatihan yang telah dilaksanakan
relevan/sesuai dengan kebutuhan guru, 100% materi yang disajikan juga sesuai
dengan kebutuhan dalam melaksanakan tugas guru di sekolah. 100% peserta
pelatihan sangat puas terhadap pelatihan yang diberikan serta membutuhkan
kelanjutan dari pelatihan PMRI, dan menyarankan untuk yang akan datang lebih
banyak guru yang dilibatkan.
Hasil evaluasi terhadap
peserta diketahui bahwa seluruh peserta dinyatakan mampu menyelesaikan materi
yang diberikan dengan baik, serta mampu mengajarkan materi di depan peserta
pelatihan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efek
potensial terhadap guru-guru matematika di Palembang setelah mengikuti
pelatihan PMRI, yang dilihat dari (1) Apa reaksi dan kepuasan peserta terhadap
pelatihan PMRI? (2) Apakah peserta telah mengerti terhadap apa yang di pelajari
selama pelatihan?
Berdasarkan Standar
Nasional Pendidikan, guru harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi
pedagogik; kompetensi kepribadian, kompetensi pfofesional dan komptensi sosial.
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan
kompetensi guru, terutama pada komptensi pedagogik dan kompetensi profesional.
Kesimpulan
1. Dari hasil
angket terbuka dan tertutup yang dibagikan kepada peserta sebanyak 100
eksemplar sebagai sampel dapat diketahui 100% program pelatihan yang telah dilaksanakan
relevan/sesuai dengan kebutuhan guru, 100% materi yang disajikan juga sesuai
dengan kebutuhan dalam melaksanakan tugas guru di sekolah, 100% peserta pelatihan
sangat puas terhadap pelatihan yang diberikan serta membutuhkan kelanjutan dari
pelatihan PMRI,
2. Dari hasil
tes yang diberikan terhadap peserta diketahui bahwa seluruh peserta dinyatakan
mampu menyelesaikan materi yang diberikan dengan baik, serta mampu mengajarkan
materi di depan peserta pelatihan dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar