Minggu, 17 Agustus 2014

EFEK POTENSIAL PELATIHAN PMRI TERHADAP GURU-GURU MATEMATIKA DI PALEMBANG

EFEK POTENSIAL PELATIHAN PMRI TERHADAP
GURU-GURU MATEMATIKA DI PALEMBANG

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efek potensial terhadap guru-guru matematika di Palembang setelah mengikuti pelatihan PMRI, yang dilihat dari (1) Apa reaksi dan kepuasan peserta terhadap pelatihan PMRI? (2) Apakah peserta telah mengerti terhadap apa yang di pelajari selama pelatihan? 
Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah: seluruh peserta pelatihan PMRI yang terdiri dari 100 orang guru dari 15 SD dan 2 MIN di Sumatera Selatan. Alat pengumpul data adalah Angket terbuka dan tertutup untuk mengukur reaksi dan kepuasan peserta pelatihan PMRI, tes untuk mengukur kemampuan kognitif peserta, serta simulasi di depan kelas. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dari hasil angket terbuka dan tertutup yang dibagikan kepada peserta sebanyak 100 eksemplar sebagai sampel dapat diketahui 100% program pelatihan yang telah dilaksanakan relevan/sesuai dengan kebutuhan guru, 100% materi yang disajikan juga sesuai dengan kebutuhan dalam melaksanakan tugas guru di sekolah. 100% peserta pelatihan sangat puas terhadap pelatihan yang diberikan serta membutuhkan kelanjutan dari pelatihan PMRI, dan menyarankan untuk yang akan datang lebih banyak guru yang dilibatkan.
Hasil evaluasi terhadap peserta diketahui bahwa seluruh peserta dinyatakan mampu menyelesaikan materi yang diberikan dengan baik, serta mampu mengajarkan materi di depan peserta pelatihan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efek potensial terhadap guru-guru matematika di Palembang setelah mengikuti pelatihan PMRI, yang dilihat dari (1) Apa reaksi dan kepuasan peserta terhadap pelatihan PMRI? (2) Apakah peserta telah mengerti terhadap apa yang di pelajari selama pelatihan? 
Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, guru harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik; kompetensi kepribadian, kompetensi pfofesional dan komptensi sosial. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama pada komptensi pedagogik dan kompetensi profesional.
Kesimpulan
1.  Dari hasil angket terbuka dan tertutup yang dibagikan kepada peserta sebanyak 100 eksemplar sebagai sampel dapat diketahui 100% program pelatihan yang telah dilaksanakan relevan/sesuai dengan kebutuhan guru, 100% materi yang disajikan juga sesuai dengan kebutuhan dalam melaksanakan tugas guru di sekolah, 100% peserta pelatihan sangat puas terhadap pelatihan yang diberikan serta membutuhkan kelanjutan dari pelatihan PMRI,

2.  Dari hasil tes yang diberikan terhadap peserta diketahui bahwa seluruh peserta dinyatakan mampu menyelesaikan materi yang diberikan dengan baik, serta mampu mengajarkan materi di depan peserta pelatihan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar